Tugas Pokok, Fungsi dan Struktur Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai

Tugas
Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Badan dalam menyusun, menyiapkan, melaksanakan, mengkoordinasikan, memfasilitasi, mengatur, memantau dan mengevaluasi serta melaporkan kegiatan pembinaan dan kesejahteraan pegawai.

Fungsi
Dalam melaksanakan tugasnya Bidang Pembinaan dan
Kesejahteraan Pegawai mempunyai fungsi:

  1. Pelaksanaan penyusunan dan pengembangan kebijakan teknis perencanaan dan program kerja pada Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai;
  2. Pelaksanaan upaya peningkatan pelayanan publik di bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai;
  3. Pelaksanaan perencanaan, pembinaan, pengembangan, pemberdayaan, pemantauan dan pengendalian pelaksanaan kegiatan pembinaan;
  4. pelaksanaan perencanaan, pembinaan, pengembangan, pemberdayaan, pemantauan dan pengendalian pelaksanaan kegiatan kesejahteraan pegawai;
  5. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan laporan pelaksanaan tugas pada bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai; dan
  6. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

Struktur
Susunan organisasi Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai terdiri atas Kelompok Jabatan Fungsional yang dalam melaksanakan tugasnya, dikoordinasikan oleh
Subkoordinator meliputi:

  1. Subkoordinator Pembinaan, mempunyai tugas:
    a. menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja, program dan kegiatan serta anggaran di bidang
    pembinaan;
    b. menyiapkan bahan koordinasi penyusunan program kegiatan;
    c. menyiapkan bahan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan/atau Standar Pelayanan (SP) serta melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik di bidang pembinaan;
    d. melaksanakan pembinaan disiplin pegawai;
    e. menyiapkan bahan penyelesaian pelanggaran disiplin pegawai, status dan sengketa kepegawaian;
    f. menyiapkan bahan pemberian ijin perkawinan dan perceraian Pegawai Negeri Sipil;
    g. menyiapkan bahan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan manajemen kepegawaian;
    h. menyiapkan bahan pembinaan jasmani dan mental pegawai;
    i. menyiapkan bahan penyusunan rumusan rancangan peraturan perundang-undangan di bidang manajemen kepegawaian;
    j. menyiapkan bahan pemberian ijin pencalonan kepala desa dan Perangkat desa;
    k. menyiapkan bahan pemberhentian dan pengangkatan kembali dari dan dalam jabatan organik;
    l. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas di bidang pembinaan; dan
    m. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.
  1. Subkoordinator Kesejahteraan Pegawai, mempunyai
    tugas:

    a. menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja, program dan kegiatan serta anggaran di bidang kesejahteraan pegawai;
    b. menyiapkan bahan koordinasi penyusunan program kegiatan;
    c. menyiapkan bahan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan/atau Standar Pelayanan (SP) serta melaksanakan upaya peningkatan pelayanan publik di bidang kesejahteraan pegawai;
    d. menyiapkan bahan pemberian penghargaan;
    e. menyiapkan bahan asistensi pengukuran standar kinerja pegawai;
    f. menyiapkan bahan monitoring dan evaluasi kinerja dan disiplin pegawai;
    g. menyiapkan bahan pemberitahuan kenaikan gaji berkala;
    h. menyiapkan bahan dan data pemberian cuti pegawai;
    i. menyiapkan bahan dan data penetapan pegawai yang mengalami kecelakaan kerja dan kematian;
    j. menyiapkan bahan dan data penetapan tambahan penghasilan pegawai;
    k. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas di bidang kesejahteraan pegawai; dan
    l. melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.