Karpeg & Karis/Karsu

KARTU PEGAWAI :

Karpeg adalah kartu identitas Pegawai Negeri Sipil. Berfungsi sebagai kelengkapan administrasi kepegawaian.

Dasar Penetapan Karpeg : Keputusan Kepala BKN Nomor : 01/KEP/1994 Tanggal 7 Januari 1994.

Syarat-syarat yang harus di lampirkan untuk mendapatkan Karpeg :

  1. Usul permintaan karpeg dari Instansi.
  2. Salinan sah Surat Keputusan Pengangkatan menjadi PNS.
    1. SK Perorangan lengkap dengan konsideran.
    2. Tidak berlaku surut.
    3. Tercantum Nomor dan Tanggal STTPL dan Pengujian Kesehatan.
    4. Masa CPNS tidak kurang dari 1 tahun, bila lebih dari 2 tahun maka harus tercantum nomor persetujuan dari kepala BKN.
    5. Surat keterangan hilang dari kepolisian (asli) untuk penggantian karpeg yang hilang.
    6. Pas foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  1. KARTU ISTERI/SUAMI

Karis/Karsu merupakan kartu identitas isteri/suami Pegawai Negeri Sipil.

Dasar Penetapan Karis/Karsu :

  • Sebagai bukti pendaftaran isteri/suami sah PNS
  • Sebagai lampiran surat pengantar permohonan pensiun janda/duda
  • Untuk tertib administrasi kepegawaian.

Syarat-syarat yang harus dilampirkan untuk mendapatkan Karis/Karsu :

  1. Usul permintaan karis/karsu dari instansi
  2. Laporan perkawinan pertama (LPP)/Laporan perkawinan janda/duda
    1. Mengisi LPP/LPD, benar dan sah
    2. LPP/LPJD ditandatangani oleh PNS yang bersangkutan
    3. Melampirkan salinan sah akta nikah/akta perkawinan
    4. Bagi PNS yang mengisi LPDJ harus melampirkan akta nikah/akta cerai/akta kematian
  3. Pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar
  4. Mengisi daftar keluarga (bagi PNS yang menikah sebelum berlakunya PP 10 Tahun 1983)
  5. Bagi PNS yang kehilangan Karis/Karsu untuk penggantian perlu melampirkan :
    1. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian (asli)
    2. Laporan perkawinan pertama (LPP) atau laporan perkawinan janda/duda
    3. Pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

Karis/Karsu berlaku selama yang bersangkutan menjadi istri/suami sah dari PNS.