Jangan mudah percaya dengan oknum yang mengatasnamakan BKN Pusat atau BKD Kab. Batang yang menjanjikan pengalihan status Tenaga Honorer menjadi CPNS dengan meminta imbalan. - . . . . : : BKD Kabupaten Batang tidak membuka pendaftaran CPNS Formasi Umum pada tahun 2013 : : . . . .

PENERAPAN PRESENSI ELEKTRONIK ONLINE DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN BATANG

Test Drive Finger Print Pak Soetadi

Disiplin PNS terutama dalam peningkatan disiplin pemenuhan Jam kerja diperlukan adanya instrumen untuk mendorong tingkat kehadiran dan pemenuhan jam kerja PNS dengan memperbaiki sistem manajemen presensi yang user friendly (mudah) dan objektif. Salah satu solusinya adalah dengan penggunaan Presensi Sidik Jari (finger print) yang akan efektif diterapkan di Kabupaten Batang pada tahun 2014. Penggunaan presensi secara manual yang selama ini diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Batang dirasa kurang memenuhi rasa keadilan dan kurang objektif sehingga pada tahun 2013 akan segera diganti dengan presensi elektronik secara on line dan terpusat. Hal tersebut sejalan dengan  diterbitkannya Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS yaitu pada pasal 3 (11) yang berbunyi “Setiap PNS wajib masuk kerja dan mentaati Ketentuan jam kerja”. Yang dimaksud dengan Kewajiban untuk “masuk kerja dan mentaati Ketentuan jam kerja” adalah setiap PNS wajib datang, melaksanakan tugas, dan pulang sesuai ketentuan jam kerja serta tidak berada di tempat umum bukan karena dinas. Apabila berhalangan hadir wajib memberitahukan kepada pejabat yang berwenang. Keterlambatan masuk kerja dan/atau pulang cepat dihitung secara kumulatif dan dikonversi 7½ (tujuh setengah) jam sama dengan 1 (satu) hari tidak masuk kerja.

Pada hari Senin 18 November 2013 telah dilakukan pemasangan alat Presensi Elektronik di Kantor BKD Kabupaten Batang sebagai Pilot Project  penerapan Presensi Elektronik secara on line dan akan dilakukan secara bertahap di 30 titik pada tahun 2013 dan akan efektif diterapkan pada bulan Januari 2014.

Adapun sistem kerja Presensi Elektronik secara on line tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Setiap pegawai wajib melakukan presensi setiap harinya dengan menggunakan sidik jari atau deteksi wajah di Mesin Finger Print di masing-masing SKPD;
  2. Mesin Finger Print yang telah terkoneksi secara on line akan merekam dan mengirim data presensi ke server yang ada di BKD Kab.Batang;
  3. Petugas Operator Presensi di BKD akan melakukan validasi dan mencetak secara periodik data presensi PNS dari hasil rekaman mesin finger print yang kemudian akan dikirim ke SKPD masing-masing.

 

Untuk seluruh PNS Pemerintah Kabupaten Batang mulai dari sekarang dihimbau agar membiasakan diri untuk masuk dan pulang kerja tepat waktu sesuai dengan ketentuan jam kerja yang telah diatur dalam Surat Edaran Bupati Batang Nomor : 065/1549 perihal Pelaksanaan 5 (lima) Hari Kerja di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Batang. Semoga upaya pemerintah Kabupaten Batang untuk meningkatkan disiplin PNS ini mendapat dukungan dari seluruh komponen pemerintah daerah sehingga tujuan percepatan reformasi birokrasi di Kabupaten Batang dapat terwujud. (dy/20131119)