Jangan mudah percaya dengan oknum yang mengatasnamakan BKN Pusat atau BKD Kab. Batang yang menjanjikan pengalihan status Tenaga Honorer menjadi CPNS dengan meminta imbalan. - . . . . : : BKD Kabupaten Batang tidak membuka pendaftaran CPNS Formasi Umum pada tahun 2013 : : . . . .

Sosialisasi PP 46 Tahun 2011 dam Perka BKN Nomor 1 Tahun 2013

Pada tanggal 14 Mei 2013 kemarin BKD Kab. Batang menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Kepegawaian tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS. Acara sosialisai dibuka oleh Assisten III Bidang Administrasi Sekda Kab. Batang Drs. Sukisno dilanjutkan dengan Laporan Panitia oleh Muhammad Masqon, SE selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai BKD Kab. Batang yang dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kepala BKD Kab. Batang Bambang Supriyanto, SH, M.Hum mengenai kondisi Kinerja PNS dan  pentingnya upaya perbaikan kinerja dan disiplin PNS di lingkungan Kabupaten Batang. Beliau menyampaikan selama ini kita masih sering mendengar kritik bahwa kinerja PNS masih sangat rendah dan dianggap belum bekerja secara efektif dan efisien, apalagi ditambah dengan pelayananan-pelayanan yang masih jauh dari harapan,  hal ini berdampak negatif pada citra PNS di mata masyarakat.

sosialisasi pp46

Sebetulnya Pemerintah telah berupaya untuk memperbaiki Kinerja PNS melalui pembinaan PNS dengan prestasi kerja. Untuk mewujudkan harapan Pemerintah tersebut, maka Pemerintah telah menetapkan PP Nomor 46 Tahun 2011 yang ditindak lanjuti dengan Perka BKN Nomor 1 Tahun 2013. Peraturan tersebut merupakan upaya dalam merubah sistim penilaian prestasi kerja yang selama ini masih terjebak pada formalitas belaka. Penilaian Prestasi Kerja tidak menggambarkan secara nyata prestasi kerja seorang PNS sehingga tidak bersifat objektif dan tidak transparan. Berkenaan dengan hal tersebut Pemerintah berusaha melakukan pembenahan tentang penilaian prestasi kerja PNS yang lebih terukur dengan adanya target dan realisasi. Dengan adanya PP Nomor 46 Tahun 2011 diharapkan  akan mendorong PNS untuk semakin profesional dan akuntabel dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya sebagai pelayan masyarakat sehingga harapan akan terciptanya pelayanan publik yang berkualitas dan memenuhi rasa keadilan masyarakat dapat tercapai. Dalam kesempatan tersebut Kepala BKD Kab. Batang juga memberikan dukungan kepada seluruh Peserta Sosialisasi untuk dapat mengikuti kegiatan dengan serius sehingga dapat menyampaikan hasil sosialisasi kepada pimpinan dan mengajarkannya kepada PNS lainnya di Instansi masing-masing mengingat bahwa Peraturan Pemerintah ini harus dimengerti dan dipahami oleh seluruh PNS.

Materi Sosialisasi meliputi Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS dan Perka BKN No. 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS dengan narasumber  Bapak Tubayanu, AP,M.Si (Kasubid Pengangkatan dan Kepangkatan BKD Provinsi Jawa Tengah dan Senior Assesor AC Pemerintah Provinsi Jawa Tengah).

Peserta yang diundang dalam kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Kepegawaian sebanyak 160 (seratus enam puluh) peserta yang terdiri dari para Pengelola Kepegawaian di seluruh SKPD Kab. Batang dan Pengelola Kepegawaian UPTD Dinas terdiri dari UPTD Disdikpora dan UPTD-UPTD Dinas Kesehatan (Puskesmas) serta SMPN/SMAN/SMKN di Lingkungan Disdikpora Kab. Batang.

Melalui kegiatan Sosialisasi ini para peserta diberikan pengetahuan mengenai tata cara penyusunan Sasaran Kerja PNS dan Penilaian Prestasi Kerja PNS yang berlaku bagi seluruh PNS. Hadir dalam Sosialisasi tersebut Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo. Disela-sela Kegiatan Bapak Bupati Batang menyampaikan harapan dan dukungan kepada seluruh Peserta Sosialisasi untuk dapat memahami dengan baik esensi dari Peraturan Pemerintah No.46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS, sehingga dapat memperbaiki Kinerja, Perilaku dan Profesionalitasnya sebagai aparatur Pemerintah agar mampu memberikan kontribusi positif bagi tercapainya Reformasi birokrasi di Kabupaten Batang.

Manfaat yang diharapkan dari penyelenggaraan Sosialisasi Peraturan perundang-undangan Bidang Kepegawaian tersebut adalah Pengelola kepegawaian  mengetahui dan memahami secara baik dan benar adanya peraturan kepegawaian yang terbaru serta mendorong  kesadaran di kalangan PNS akan pentingnya taat kepada aturan kepegawaian dan aturan-aturan lain yang berlaku. Tujuan utama diselenggarakanya Sosialisasi tersebut adalah agar seluruh PNS di Kabupaten Batang mulai mempersiapkan diri menyongsong perubahan penilaian prestasi kerja PNS dengan konsep baru melalui SKP dan Perilaku Kerja sebagai pengganti DP-3 yang akan mulai berlaku efektif pada 1 Januari 2014.

Berkenaan dengan adanya kewajiban bagi seluruh PNS dalam membuat SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) mulai Januari 2014 maka sangat diperlukan adanya kesiapan dari seluruh PNS di segala lini dalam pembuatan dan penerapan Penilaian Prestasi Kerja PNS yang baru sehingga ke depan informasi dan pengetahuan mengenai Peraturan Penilaian Prestasi Kerja PNS tersebut direncanakan akan disosialisasi oleh BKD Kab. Batang ke seluruh PNS di Kabupaten Batang sampai tingkat paling bawah karena Keberhasilan Pegawai dalam membuat SKP sesuai dengan amanat Peraturan Perundang-undangan tersebut memerlukan kesiapan dari seluruh PNS untuk memahami secara komprehensif isi dari PP No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS dan Perka BKN No.1 Tahun 2013 mengenai Petunjuk Teknis PP No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS. Hal ini tentu memerlukan komitmen dan kemauan yang kuat dari seluruh stakeholders Pemerintah untuk bersama-sama memaknai dan melaksanakan Penilaian Prestasi Kerja PNS tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sosialisasi ini akan ditindaklanjuti dengan diadakannya Bimbingan Teknis (Bimtek) yang direncanakan diadakan tidak lama lagi yang akan diikuti oleh seluruh pengelola kepegawaian se-Kabupaten Batang. (dwiyanti)