Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2019

PELATIHAN DASARUntuk  memenuhi  amanat pasal 65 Undang-Undang No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, serta Peraturan Lembaga Adimintrasi Negara No. 12 tahun 2018 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil, bahwa Instansi Pemerintah (Pemerintah Daerah) wajib memberikan Pelatihan Dasar bagi CPNS (yang menjadi kewenangannya) dalam  rentang waktu  1 (satu) tahun  terhitung sejak yang bersangkutan diangkat sebagai CPNS, yang menjadi salah satu persyaratan sebelum diangkat menjadi PNS.
Pemerintah Kabupaten Batang melalui Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Batang bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS.
Pelatihan Dasar CPNS tahun 2019 dengan pola baru sesuai Per LAN No. 12 tahun 2018 dilaksanakan selama 51 hari dengan sistem on campus dan off campus.  On campus I selama 18 hari dengan sistem pembelajaran klasikal dengan materi Agenda Sikap Perilaku Bela Negara, Agenda Nilai Dasar PNS, Agenda Peran dan Kedudukan PNS dan Habituasi.
Kemudian peserta Latsar selama 30 hari off campus kembali ke OPD masing-masing untuk mengaktualisasikan yang menjadi inovasinya pada saat rancangan aktualisasi. Disamping itu peserta juga akan mendapatkan bimbingan peningkatan kompetensi teknis umum/ administrasi dan kompetensi teknis substansi dengan pendampingan mentor (atasan langsung).
Selanjutnya selama 3 hari peserta akan kembali ke campus (on campus) untuk menyusun laporan aktualisasi dengan didahului seminar aktualisasi dihadapan pembimbing (coach), mentor (atasan langsung) dan narasumber (Penguji).
Berikut jadwal pelaksanaan Latsar BKD Kabupaten Batang bekerjasama dengan BPSDMD  Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan secara bergelombang sebagai beikut :
  1. Gelombang I dilaksanakan dari tanggal 1 April s/d 15 Juni 2019
  2. Gelombang II dilaksanakan dari tanggal 22 April s/d 28 Juni 2019
  3. Gelombang III dilaksanakan dari tanggal 17 Juni s/d 21 Agustus 2019
  4. Gelombang IV dilaksanakan dari tanggal 17 Juni s/d 15 Agustus 2019
  5. Gelombang V dilaksanakan dari tanggal 24 Juni s/d 31 Agustus 2019
  6. Gelombang VI dilaksanakan dari tanggal 17 Juli s/d 19 September 2019
  7. Gelombang VII dilaksanakan dari tanggal 5 Agustus s/d 9 Oktober 2019
  8. Gelombang VIII dilaksanakan dari tanggal 12 Agustus s/d 16 Oktober 2019
  9. Gelombang IX (K2) dilaksanakan dari tanggal 27 Agustus s/d 4 September 2019
Latsar CPNS dilaksanakan secara nasional bertujuan untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung  jawab guna meningkatkan profesionalisme PNS.  Latsar CPNS juga bertujuan untuk membentuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional, berkarakter yang dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS, pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta menguasai bidang tugasnya, sehingga mampu melaksanakan tugasnya secara profesional sebagai pelayan masyarakat. @diklatbkdbatang.
Please follow and like us: